Sunday, 26 June, 2022

MEMAHAMI PERAN SEBAGAI PRIA DAN WANITA DENGAN METODE QUANTUM LEARNING (BIMBINGAN DAN KONSELING) 0leh : Ich’eti Hudi Kusriyanahwati, M.Pd


Bimbingan Konseling dan guru BK mempunyai peran penting dalam membantu perkembangan siswa secara optimal. Bukan hanya mengatasi siswa yang tersandung masalah, guru BK sama seperti guru mata pelajaran lainnya, mereka juga memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas perkembangan siswa. Untuk mengatasi dan membantu permasalahan siswa yang muncul dalam menjalani tugas perkembangannya, guru BK merasa perlu melakukan sebuah upaya pemberian layanan kepada siswa untuk membantu mengatasi permasalahan siswa di kelas dengan pendekatan yang efektif dan inovatif serta menarik bagi siswa seperti metode Quantum Learning.

Quantum Learning adalah sebuah strategi dari seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Anak akan mengetahui dan memahami secara langsung “apa manfaatnya bagiku” dari proses belajar yang dilakukannya.Quantum Learning menciptakan konsep motivasi, langkah-langkah menumbuhkan minat, dan belajar aktif. Membuat simulasi konsep belajar aktif dengan gambaran kegiatan seperti: “belajar apa saja dari setiap situasi, menggunakan apa yang anda pelajari untuk keuntungan anda, mengupayakan agar segalanya terlaksana, bersandar pada kehidupan.

Salah satu teknik dalam Quantum Learning adalah simulasi/permainan. Nah…mari bermain “Membangun Menara” untuk membuat siswa memahami peran sebagai pria dan wanita. Apa saja yang dibutuhkan untuk permainan ini ?? bagaimana permainannya ?? mari kita persiapkan dan laksanakan:

  1. Alat dan bahan: 1 eksemplar kertas koran, kertas hias, 2 lembar kertas hvs, 4 buah balon, lem kertas, 1 buah benang dan gunting.
  2. Buat kelompok yang terdiri dari siswa putra dan putri
  3. Bagikan semua bahan dan alat kepada tiap kelompok
  4. Jelaskan kepada kelompok bahwa mereka harus membangun sebuah menara dari bahan-bahan yang disediakan. Jelaskan pula bahwa mereka harus berkompetisi untuk memperoleh nilai terbaik. Adapun penilaian berdasarkan pada kekuatan menara, tinggi menara, keindahan, serta kerjasama tim.
  5. Berikan waktu 20 menit untuk membangun menara. Batasi waktu dan setiap kelompok harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin
  6. Setelah menara berdiri, dinilai dan diberikan reward kepada kelompok yang paling bagus

Dari permainan Membangun Menara ini, akan diamati bagaimana peran siswa putra dan putri dalam membuat menara yang indah. Namun…sebelum permainan dimulai, terlebih dahulu dilakukan apersepsi dan kalimat-kalimat motivasi seperti “KERJASAMA MEMBUAT MIMPI MENJADI NYATA.” Dan selama kegiatan berlangsung bisa diputar musik instrumen untuk membuat mereka semangat.

0 comments on “MEMAHAMI PERAN SEBAGAI PRIA DAN WANITA DENGAN METODE QUANTUM LEARNING (BIMBINGAN DAN KONSELING) 0leh : Ich’eti Hudi Kusriyanahwati, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *