Wednesday, 25 May, 2022

Fitriana Aenun, S.Pd.M.Ed Semangat Membangun Madrasah yang Berprestasi


Ibu Fitriana Aenun, S.Pd. M.Ed yang lebih akrab dipanggil ibu FA merupakan sosok perempuan cantik dan anggun serta murah senyum. Namun dibalik sikap ramahnya, dia adalah perempuan yang tegas dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugas yang diembannya. Perempuan yang terlahir 47 silam itu merupakan salah satu perempuan berprestasi di bidang pendidikan yang berasal dari kota yang terkenal dengan telur asin dan bawang merahnya. Ya…mana lagi kalau bukan kabupaten Brebes, dan saat ini bu FA adalah Kepala MTs Negeri 3 Purworejo.

Sebelum mendapat tugas sebagai kepala MTs Negeri 3 Purworejo, bu FA merupakan guru Bahasa Inggris di MTs Negeri Model Brebes. Sebagai seorang guru, banyak prestasi yang diraihnya, diantaranya sebagai pemenang Guru Teladan PNS Tingkat Jawa Tengah pada tahun 2006, team penulis modul Bahasa Inggris Pengayaan UN MTs Kanwil prov. Jateng tahun 2009 – 2011, dan sebagai Instruktur Nasional Kurikulum 2013 mapel Bahasa Inggris SMP/ MTs dari tahun 2014 sampai sekarang. Dan yang tak kalah keren, adalah bu FA pernah  menjadi salah satu guru yang mendapat beasiswa S2 untuk belajar ke Deakin University di kota Melbourne Australia dari Kementerian Agama RI pada tahun 1999 dan berhasil lulus membawa gelar M.Ed TESOL ( Master of Education – Teaching English for Speakers of Other Languages) pada tahun 2001. Selain mendapat beasiswa belajar, tugas mencari grand desain Madrasah Bertaraf Internasional (MBI)  juga pernah dilakukan oleh bu FA, antara lain melakukan kunjungan studi banding ke beberapa sekolah dan madrasah di Singapore dan Sydney Australia pada tahun 2010 bersama team MBI Kementerian Agama RI.

Sebagai seorang guru yang punya banyak prestasi dan pengalaman belajar di luar negeri, tentunya beliau menjadi aset guru terbaik yang dimiliki oleh Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah.  Dengan pengalamannya, beliau menjadi salah satu Instruktur Nasional Kurikulum 2013, dan menjadi Tim Pengembang Kurikulum Pendidikan di Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah. Dan pada tahun 2016 beliau menjadi Kepala MTsN Loano kab. Purworejo yang sekarang berdasarkan KMA No. 810 tahun 2017 telah berganti nama menjadi MTs Negeri 3 Purworejo.

MTs Negeri 3 Purworejo, menjadi ladang ibadah dan tugasnya dalam mengembangkan obsesi-obsesi bu FA untuk menjadikan MTs Negeri 3 Purworejo menjadi Madrasah yang unggul dimana seluruh civitas akademika akan dibina menjadi insan berakhlakul karimah dan berprestasi baik secara akademis maupun non akademis, cerdas bidang Imtaq dan Iptek serta  berwawasan lingkungan. Pembangunan infrastruktur baik fisik maupun non fisik untuk mendukung terlaksananya program dan kegiatan madrasah terus diupayakan. Pembangunan dan penambahan gedung untuk kegiatan belajar mengajar, pengadaan labolatorium komputer dan komputer untuk UAMBN BK dan UNBK. Sementara untuk pembangunan non fisik, program yang dicanangkan adalah membangun generasi rabbani dengan program kelas tahfidz serta dengan membangun karakter siswa yang berakhlakul karimah dengan program pembiasaan 3S Senyum, Salam, Sapa, dengan pembiasaan Asmaul Husna setiap pagi dan pembiasaan pembacaan surat Yasin, Al- Waqi’ah,   Al-Mulk dan sholat dhuha. Tidak hanya para siswa yang dibimbing pembiasan bernuansa spiritual tersebut, tapi bapak ibu guru karyawan pun melakukan pembiasaan seperti tadarus, mujahadah, yasinan dan sholawat nariyah.

Semangat untuk menjadikan MTs Negeri 3 Purworejo menjadi Madrasah yang unggul dan berprestasi, juga ditularkan kepada seluruh guru dan karyawan. Pengembangan kompetensi guru terus menerus diupayakan untuk membekali guru dalam menghadapi PAK, PKG dan PKB. Sebagai seorang pimpinan, beliau selalu berpegang teguh dengan prinsip Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dengan terus memberi motivasi dan semangat kepada seluruh citivas akademi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Meskipun seorang perempuan, tapi semangat dan langkahnya tidak bisa dihentikan untuk mewujudkan MTs Negeri 3 Purworejo menjadi Madrasah yang hebat bermartarbat dan menjadi Madrasah Unggulan di Kabupaten Purworejo. (Ich).

0 comments on “Fitriana Aenun, S.Pd.M.Ed Semangat Membangun Madrasah yang Berprestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *